Minggu, 14 Oktober 2012

PROJECT ? DONE !


Apa kabar teman-teman ?  sudah lumayan lama aku tidak cerita-cerita.  Ya seperti yang aku katakana di postingan sebelumnya, aku harus mengerjakan suatu project yang aku rencanakan.  Aku mencoba menulis iseng awalnya, namun aku menentukan untuk mencoba menulis novel yang aku buat untuk kado ulang tahun seseorang.  Sederhana saja, hanya menceritakan beberapa kisah yang terkait denganku.  Ngomong-ngomong, ada yang penasaran gak siapa sih seseorang itu?  Haha orang yang spesial? Ya menurutku cukup spesial untukku.  Keluarga?  Hmm, ya sudah aku anggap seperti keluarga.  Ya intinya aku memiliki suatu perasaan yang sekarang aku tak tahu perasaan yang seperti apa.  Ia adalah seorang cewek, dulu adik kelasku.  Sekarang ia duduk di kelas 3 SMA.  Aku sengaja membuatkan novel ini untuk hadiah ulang tahunnya yang ke 17 beberapa minggu lalu, tepatnya tanggal 29 September.

Membuat novel tak semudah yang dipikirkan.  Membuat novel juga tak semudah menulis posting-potingan yang ada di sini.  Intinya, TIDAK MUDAH.  Aku menyelesaikan novel ini dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan.  Wah, banyak sekali yang harus dikorbankan.  Apalagi aku orang yang introvert, harus benar-benar memiliki waktu sendiri, untuk menulis dengan konsesntrasi maksimal.  Waktu, fisik, psikis, pikiran, dan lain-lain.  Saat aku menulis ini hanya beberapa orang saja yang tau.  Mereka juga orang-orang yang biasanya aku mintai pendapat dalam hasil karya menulisku.  Tentu saja, salah satunya adalah guru menulis/tentor menulis/teman sharing/teman nonton, eh.  Makasih guru atas komentar-komentarnya.  Selain itu makasih juga buat teman-teman yang mendukung atas berlangsungnya project ini, amal, syahru, indah, dara, ryan, Arvin, imam, beta, dan teman-teman lainnya yang tak bisa di sebutkan satu-persatu.


(ini yang udah di cetak)
Beberapa teman sempat mendorongku untuk mengirimkan novel itu ke penerbit, namun aku tak mau.  Sebenarnya dalam hati yang terdalam sangat ingin mencobanya, tapi aku cukup tak percaya diri untuk itu.  Biarlah hasil karya itu menjadi limited edition, yang menandakan memang spesial aku menulis untuknya.  Untuk kadonya, aku mencetak seperti layaknya sebuah buku novel.  Sangat-sangat sabar aku dalam tahap cetak ini.  satu kali cetak tak cukup dengan hanya mengeluarkan selembar uang “I Gusti Ngurah Rai”.  Sebenarnya aku berniat mencetak 3-4 buah, namun saat aku mencetak untuk yang pertama, fontnya ternyata tak sesuai dengan yang aku inginkan.  Kemudian kesalahan di percetakan selanjutnya adalah aku kehilangan salah satu bab dalam novel itu, dalam hal ini, tak tercetak maksudnya.  Dan akhirnya cetak lagi, dan lahirlah yang cukup sempurna namun hanya satu saja.  Maklumlah anak kost, harus hemat.
Intinya project ini sukses, aku bisa menghasilkan sebuah karya.  Dan surprise untuk orang itu J.
Sebisa mungkin aku ingin tetap menulis, entah itu menulis novel, menulis postingan di blog, ataupun menulis nama kamu (kamu siapa bal?!) di hati ini, haha.  Intinya aku ingin tetap bisa menulis seperti ini.  mohon dukungannya dan terimakasih J

NB: kalo ada tertarik mau baca, silahkan komen aja dan tulis emailnya ya, terimakasih !

1 komentar:

  1. bal gue pingin baca hehe
    ini email gue : thedarknessbafana@gmail.com
    penasaran gue

    BalasHapus